Jembatan Kelok Sembilan

     Jembatan Kelok Sembilan terletak di kabupaten Limapuluh Koto, Sumatra Barat. Jembatan ini menghubungkan propinsi Riau dengan propinsi Sumatra Barat. Dahulu Kelok 9 terkenal menyeramkan karena jalannya yang curam,sempit dan berbatasan langsung dengan jurang. Dengan dibangunnya jembatan ini sekarang menjadi sangat indah, lebih aman dan kokoh karena ditopang dengan pilar-pilar yang besar dan tinggi. Hal ini sangat membantu lancarnya transportasi dari Riau ke Sumatra Barat dan juga sebaliknya. Selain itu, jembatan ini dapat lebih mempercepat perkembangan Sumatra Barat terutama Payakumbuh dan Limapuluh Koto.
     Tidak hanya itu, Jembatan Kelok 9 juga berhasil membidik pengembangan sektor pariwisata. Hutan-hutan yang masih lebat disekitar jembatan dan udara yang sejuk sangat indah untuk dinikmati. Jika melewati daerah ini, akan terlihat banyak kendaraan yang memarkir kendaraannya di tepi jalan. Mereka banyak yang berfoto-foto maupun berselfi ria sambil menikmati panorama yang indah dan udara yang sejuk. Ada juga yang beristirahat dari perjalanannya sambil duduk-duduk di kedai-kedai pinggir jalan sambil minum kopi & mie instan. Siapa sangka Jembatan Kelok 9 merupakan karya anak bangsa yang fundamental dan menakjubkan.

     Jembatan Kelok 9 ini bentuknya sangat unik dan indah. Dana yang digunakan untuk membangunnya lebih dari 600 milyar. Pembangunannya menggunakan konsep "Nature and Engineering in Harmony". Jembatan mulai dibangun pada November 2003 hingga diresmikan oleh Bapak Susilo Bambang Yudoyono pada 13 oktober 2013. Letak jembatan yang seakan di gerbang masuk Sumatra Barat seakan menjadi ikon kota Sumatra Barat. Jika kita dari Riau menuju Sumatra Barat sudah sampai di jembatan ini maka berarti kita berada di wilayah Sumatra Barat. Jembatan ini merupakan salah satu kebanggaan propinsi Sumatra Barat.

Komentar

Postingan Populer