Sala Lauak

Makanan ini berasal dari Sumatra Barat. Disini Sala Lauak bagaikan bakwan dan tahu isi pada penjual gorengan, dimana-mana banyak yang jual๐Ÿ˜. Kalau pengen tinggal beli aja, apalagi di bulan Ramadhan banyak dijumpai di pasar lambung (pasar tiban waktu bulan Ramadhan). Kalau di Jogja susahhh nyarinya bahkan mungkin malah nggak ada yang jual๐Ÿ˜…. Aroma dari daun kunyit membuat makanan ini sangat khas. Serumah sangat suka gorengan ini, di sini sering disajikan sebagai teman makan lontong sayur maupun sebagai camilan. Dibulan puasa ini hampir tiap hari suami dan anak maunya beli kue ini sebagai takjil buka puasa dan nggak bosan๐Ÿ˜‚. Daripada beli terus, coba-coba cari tahu resep dan cara membuatnya, akhirnya berhasil juga๐Ÿ’ƒ. Jaman duluuu banget pernah coba buat tapi gatot, kuenya keras banget kayak batu๐Ÿ˜‚. Kali ini lumayan enak, garing di luar dan lembut di dalam๐Ÿ˜

Sala Lauak

Bahan:
250 gr tepung beras
700 ml air
30 gr teri, haluskan
3 lembar daun kunyit, iris tipis
daun bawang, iris agak kasar

Bumbu Halus:
bawang putih
bawang merah
cabe merah
kunyit
jahe
garam secukupnya

Cara Membuat:
* rebus air, teri halus dan bumbu halus hingga mendidih, masukkan irisan daun kunyit dan daun bawang, tunggu hingga mendidih lalu tuangkan tepung beras, matikan apinya lalu aduk kuat-kuat hingga kental dan padat, dinginkan.
* ambil sedikit adonan lalu bentuk bulat-bulat dengan tangan yang diolesi minyak goreng, lakukan hingga adonan habis.
* masukkan adonan ke penggorengan yang berisi minyak yang banyak dan panas lalu masukkan sala lauak, jangan diaduk-aduk hingga adonan kokoh, setelah adonan kokoh boleh diaduk dan lanjutkan menggoreng hingga kuning keemasan dan matang.
* angkat dan tiriskan.
* hidangkan selagi hangat.

Komentar

Postingan Populer